Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog

Cegah Rambut Rontok Secara Alami dengan Bayam

Kandungan zat besi, vitamin dan mineral pada bayam merah sangat bagus untuk mengatasi rambut rontok. Sehingga tidak diragukan lagi, sayur ini mudah di dapat serta memiliki tekstur yang cukup segar dan lembut. Bayam tidak hanya diolah menjadi sayur melainkan juga dibuat jus maupun keripik. Bayam terbagi menjadi dua jenis yakni bayam hijau dan merah dengan tumbuh secara tegak dan berdaun lebar sehingga batang bayam berair dan lemah. Kecenderungan daun bayam ini bulat serta bertekstur lembut dan mempunyai lebar daun bermacam-macam yaitu 2 sampai 8cm. Olahan rebusan bayam bisa menghasilkan tekstur lembut dan renyah.

Perlu anda ketahui juga sayuran bayam ini bukan asli dari Indonesia melainkan dari Amerika. Akan tetapi sayuran ini sudah tersebar banyak di Indonesia dan menjadi salah satu sayuran yang biasa ditemui di Indonesia.

Di Indonesia, bayam dapat tumbuh dalam cuaca panas dan dingin, akan tetapi bayam dapat tumbuh di daerah dataran rendah yang mempunyai lahan cukup terbuka dengan temperatur suhu agak sedikit panas. Bayam merah merupakan keluarga Amaranthacea dengan nama latinnya Amaranthacea Gangeticus. Di negara kita, jenis bayam merah ini sering disebut dengan bayam gelatik, bayam lemang dan juga berbagai macam istilah lainnya.

Kandungan klorofil, betakaroten, lutein, mangan dan asam folat yang cukup tinggi ini sangat baik untuk sistem pencernaan. Tida hanya daunnya, melainkan juga akarnya yang bermanfaat untuk menyembuhkan disentri. Selain itu, bayam juga bermanfaat mencegah kerontokan dengan memperkuat akar rambut. Pengolah bayam ini sangatlah mudah dan dapat kita lakukan pada kehidupan sehari-hari dengan cara membuat bayam merah menjadi jus. Cara pengolahannya, kita hanya mencuci bayam yang masih segar dan kemudian kita blender lalu tambahkan sedikit garam dan setelah itu saring. Perlu diingat, olahan jus bayam ini tidak dianjurkan untuk disimpan, sebaiknya anda langsung minum sampai habis dan pastikan untuk megatasi rontok anda mengkonsumsi jus bayam ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Jika anda membeli bayam merah ataupun hijau, sebaiknya anda beli secukupnya saja karena bayam tidak bisa bertahan lama meskipun itu dimasukan lemari pendingin bayam akan tetap layu sehingga kehilangan kesegarannya. Nah, tips agar bayam lebih awet, setelah kita membeli disarankan sekali anda memetik daun bayam terlebih dahulu dan menyimpannya di plastik kemudian simpan di lemari es. Sesudah itu, daun bayam jangan dulu dicuci sesampai kita akan memasak karena daun bayam memiliki tekstur yang berair. Dan jika kita mencuci dulu dan menyimpannya, maka akan mudah membusuk. Bagi anda sangat disarankan untuk memilih jenis bayam organik agar terhindar dari bahan pestisida dan kimia yang bisa menempel di bayam. 

Top